Sabtu, 02 November 2019

Hamil Diluar Nikah.. Salah Siapa?

Gimana respon kalian saat dapat kabar salah satu temen atau kenalan kalian ada yang hamil diluar nikah? Kaget kah? Atau biasa aja, karena merasa itu bukan lagi hal yang aneh di jaman sekarang.
test-pack
Sumber gambar : Tribunnew.com
Jujur ya, kalau gue pribadi sih udah engga aneh setiap denger si A atau si B hamil duluan. Atau saat dapet kabar kalau salah satu temen gue yang belom lama nikah tapi tau-tau udah lahiran aja.
Walau rasanya fenomena hamil diluar nikah itu bukan hal yang baru, tapi sekarang tuh rasanya lempeng aja gitu kalau tau hal itu. beda banget sama dulu yang masih ada rasa kaget dan sedih juga.
Lalu gue mempertanyakan ke diri gue sendiri, kok gini ya? Miris loh rasanya. Karena jelas-jelas gue tau bahwa ini sesuatu yang salah tapi kenapa respon gue seolah-olah itu adalah hal yang biasa aja. Aneh bukan?

Dan kalian merhatiin engga, sekarang banyak Public Figure yang secara terang-terangan mengakui bahwa mereka nikah karena hamil duluan. Bahkan ada yang malah menjadikan itu sebagai konten, aahhhh pediiih gak siiih? Memang, mereka pun mengakui bahwa itu bukanlah hal yang benar dan engga patut dijadikan contoh. Tapi kalau menurut gue, hal kaya gitu engga perlu juga lah dijadiin konten atau klarifikasi depan public, buat apaa? ini bukan masalah munafik atau engga, menurut gue hal kaya gitu engga layak buat konsumsi public, cukuplah orang terdekat aja yang tahu tooh aib juga bukan buat diumbar-umbar kan?

Kejujuran public figure itu pun mengundang banyak pro dan kontra, ada dengan enaknya menjudge dan mencaci si Public Figure dan ada pula yang malah merasa salut, karena dia berani mengakui kesalahannya dan engga bersikap munafik.

Nah, kalau kasusnya ada di Public Figure gini jadi serba salah kalau mau berpendapat menurut gue. Disatu sisi gue paham mereka juga manusia yang sudah pasti bisa berbuat salah, gue pun gak punya hak buat menjudge apa yang mereka lakuin (yakaliiii macem orang paling bener aja kan gue) tapi kalau dibilang “BAGUS” karena mereka mau mengakui kesalahannya alias engga munafik, bahaya juga sih menurut gue.

Kenapa bahaya? Ya karena mereka Public Figure, apa yang terjadi dalam hidup mereka sedikit banyaknya pasti bisa memberi dampak ke masyarakat kan?. Gimana kalau hal itu malah membuat anak muda yang masih labil berfikiran
“aahh gapapa lah begitu, asal kita mau mengakui, gak bersikap munafik dan bertanggung jawab sama yang udah dilakuin”
Gimana coba? Mau dikata apa coba kalau sampe begitu. Oh ya, beberapa hari lalu gue juga ngobrolin hal ini sama salah satu temen gue.
Jadi temen gue kasih kabar kalau si X nikah karena hamil, cowoknya pun baru lulus sekolah menengah. Kebayang engga si rumah tangga yang dibangun tanpa persiapan apapun, baik secara ilmu maupun materi.

Lalu temen gue bilang, kalau dia yang diposisi itu, dia akan memilih untuk engga menikah. Karena menikah juga engga menyelesaikan masalah, malah akan membuat masalah baru. Secara ya, jalanin hidup dalam hubungan pernikahan itu bukan hal yang mudah.
Secara agama (Islam) nikahnya pun engga sah, nikah atau engga nikah pun tetap diomongin sama orang. Jadi menurutnya dia memilih buat engga nikah. Dia pun nanya, kalau lu gimana ser? Nikah atau engga

Watdeziiiingggg, pertanyaan macem apa ituuu? Gue cuma bisa jawab ENGGA TAUU, gue gak bisa jawab pertanyaan itu. Walau gue paham bahwa yang disampein dia barusan itu masuk akal, tapi tetep ajaa gue gak bisa broh ngebayangin ada diposisi itu, lalu harus membuat sebuah keputusan. Aslii gabisaaaaa coy gabisaa, terlalu berat walau cuma dibayangin doang haha

Katanya hamil diluar nikah itu faktor utamanya karena engga punya iman atau engga belajar agama secara benar, jadi membuat mereka yang ngelakuin sex bebas engga takut sama Allah. Tapi tahu engga sih, ada juga kok orang yang belajar agama dan terlihat taat tapi melakukan hal yang sama.
Yaa berarti tandanya engga bener-bener mengamalkan apa yang dipelajari dalam agama dong Ser? Hmmm iya ugha ya, tapi menurut gue ada beberapa faktor yang menjadi penyebab, terlepas dari masalah agama (karena sudah jelas banget disetiap agama gak ada yang ngebolehin untuk berbuat kaya gitu)

Salah satu faktornya adalah pola asuh, dulu gue pun berfikiran bahwa penyebab paling utama pergaulan bebas alias hamil diluar nikah adalah karena engga paham agama, tapi setelah gue belajar di KIMI, ternyata ada faktor lain, faktor ini sering dilupakan bahkan dianggap bukan sebagai penyebab, karena orang tua mana yang ngajarin anaknya untuk berbuat engga bener.
stop freesex
Sumber gambar : Dictio.id
Tapi percaya atau engga, pola asuh orang tua lah yang menjadi salah satu penyebab seorang anak masuk kedalam hal-hal yang engga baik, karena kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua.

Kurangnya pelukan, perhatian dan cinta orang tua membuat anak tumbuh dengan keadaan kekurangan cinta dan akhirnya mereka mencari hal itu ditempat lain, ada yang akhirnya ketergantungan sama hubungan pacaran.

Karena dengan hadirnya pacar, akan ngebuat merasa dicintai, didengar, dan dapet perhatian. Padahal sebenernya, itu adalah hal yang pengen didapat dari orang tuanya. Coba aja kalian perhatiin rata-rata anak yang lari ke dalam hal negatif pasti kebanyakan karena orang tuanya yang kurang care atau sibuk.

Terus ya kalau mikirin hal kaya gini, kadang gue merasa bersyukur jadi jomblo wkwkwk dan satu lagi, gue kadang juga bersyukur engga cakep-cakep bangeett kenapaa? Karenaaa kalau gue itu cakep terus banyak yang naksir, lalu pacaran. Duuhhhh gak kebayang sih gimana jadinya hidup gue sekarang (emaap curcol)

Okeh balik lagi ke masalah pola asuh orang tua, berarti kalau begitu yang paling salah adalah orang tua dong? Heettt ya engga begitu jugaa, karena saat kita udah gede harusnya kita bisa menentukan sikap buat hidup kita karena kan dikasih otak sama Allah buat mikir bukan sekedar pajangan aja.
Kalau misalnya mau nyalahin orang tua engga akan ada ujungnya coy, karena orang tua kita juga kan statusnya anak dari kakek nenek kita. Jadi hal kaya gini tuh semacem lingkaran setan gitu lho, kalau engga ada yang mutusin/keluar dari lingkaran itu, akan terus berulang.

Faktor kedua yang bikin terjerembab ke hal-hal negatif itu ya karena engga kenal sama diri sendiri, haduh kalo masalah tuh terlalu susah si buat didefinisiin menurut gue, karenaaa gue pun masih harus terus berkenalan sama diri gue sendiri.

Tapi, kalian pasti pernah denger istilah “kenali lah dirimu maka kamu akan kenal siapa Tuhan mu”

Nyambung kan? Kenapa banyak orang yang udah belajar agama tapi susah buat mengaplikasikan ilmunya? Mungkin jawabannya karena belum mengenal dirinya sendiri.

Nah, buat orang-orang atau temen-temen gue yang pernah ada diposisi itu (hamil diluar nikah) gak perlu berkecil hati, gue memang engga tau gimana persis rasanya ada dalam posisi itu, tapi kalau gue boleh kasih saran gue mau bilang bahwa hidup kalian belum berakhir kok.

Mungkin kalian sedih dan kecewa sama diri sendiri, tapi kalau terus-terusan kecewa tanpa ngelakuin apapun engga akan ada gunanya, mungkin hal itu bisa menjadi pelajaran paling berharga jadi hal yang serupa engga akan pernah menimpa anak kalian kelak.
Semoga ada hal yang bisa kalian dapet dari tulisan ini yaa. See you~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar