Senin, 02 Januari 2017

Merasa menjadi korban

Mau sedikit sharing tentang masalah yg terjadi di keluarga gue.

Masalah dikeluarga gue itu udah terlalu rumit, dari gue kecil orang tua gue selalu ngeributin hal yang sama entah itu masalah ekonomi atau sikap bokap yg terlalu cuek ke nyokap.

Sampe akhirnya sekitar 6thn lalu nyokap ninggalin bokap, gue dan kelima adek gue.
Sejak nyokap pergi semua gue yg handle termasuk sikap keras bokap..

Gak jauh beda sama yg nyokap sering keluhin, gue pun mulai ngerasain hal yg sama. Bahkan sempet kepikiran jalan keluar yg sama yaitu keluar dri rumah tapi semua gak pernah sesuai rencana. Setiap gue mutusin utk ngekost selalu ada aja halangan bahkan gue selalu dpt kerja dideket rumah.

Dari situ gue mulai mikir, kenapa bisa begini? Kenapa susah banget buat gue nyari ketenangan? Tujuan gue pengen ngekost bukan krn mau lari tapi buat nyari ketenangan (padahal ini alibi aja kayanya hahaha)

Sampe akhirnya gue mulai kepikiran "jangan-jangan gue ni yg mesti benerin keadaan dirumah" tapi itu cuma terlintas sesaat aja dan gue pun nyoba sekuat mungkin utk nyangkal itu dengan alasan itu adalah masalah orang tua gue, dan gue disini adalah korban dari keegoisan orang tua, jd kenapa mesti gue? Dan gue pun masih terlalu muda utk menyelesaikan masalah yg terlalu rumit dan masih banyak penyangkalan dri dalam diri gue

Tapi ajaib memang, kekuasaan Allah gak akan bisa utk ditentang semakin gue ngelak semakin jelaas tanda-tanda klo gue emang perantara utk ngurai benang kusut di keluarga gue.

Salah satu yg bikin gue tersadar adalah target nikah

ada apa sama target nikah?

Target nikah gue adalah umur 24/25 tapi entah kenapa gue sering bgt mikirin sebenernya tujuan gue pengen nikah itu apa? Niat gue nikah itu apaa?

Beneran pengen nikah atau hanya sebates alasan agar gue bisa terbebas dari rumah sama kaya keinginan gue pengen ngekost?

Pertanyaan itu selalu muncul, bahkan salah satu temen gue pun menanyakan hal yg sama. Malah dia dengan terang-terangan bilang, aah lu tuh cm mau kabur aja ser dari masalah makanya pengen nikah muda

Itu statement yg bkin gue mikiiir keraaas dan terus mengulang-ulang pertanyaan yg sama kedalam diri gue (apa tujuan nikah lu ser?)

Dan semakin gue pikirin semakin banyak muncul pertanyaan lain misalnya : yakin lu ser bisa nikah dgn bahagia klo lu ninggalin masalah dlm keluarga?  Gimana klo ternyata jodoh lu bakal dtg setelah lu damai sm masalah dlm keluarga? Daan masih banyak pertanyaan berkecamuk dlm benak gue.

Sampai akhirnya okeeee fine, gue bakal coba cari akar masalah dlm keluarga gue.

Kalo selama ini gue selalu menjadi korban, kali ini gue coba singkirin ego itu dulu krn gue harus tau apa alasan keegoisan ortu gue?

Singkat ceritanya mulai laah keungkap akar permasalahannya, dari yg awalnya gue selalu nyalahin bokap dan nyokap perlahan gue mulai nemuin sisi kebaikan mereka terutama dari sisi bokap. Perlahan gue mulai sadar bahwa gue pun masuk sebagai tersangka dlm masalah keluarga hahahah

Lucu memang kita sering banget menganggap diri kita sebagai korban dari setiap masalah yg dateng. (kitaaa?? Maksudnyaa gue geeengs iyaa gue)
Gue selalu sibuk menyalahkan orang lain sampai lupa berkaca sm kesalahan diri sendiri, bahkan saat mulai sadar diri bahwa gue salah akan ada penyangkalan teruus menerus krn udah merasa jd korban. Padahal modal utama utk menyelesaikan suatu masalah adalah mengakui bahwa kita bermasalah


Apa disini juga merasakan hal yg sama? Punya masalah yg udah berlarut-larut seakan gak bisa diselesaikan? Sekalipun bisa diselesaikan masih bingung mulai dari mana?  Saran dari gue hal pertama yang harus dilakuin adalah mengakui gak mudah memang krn utk bisa mendeteksi dan mengakui apakah kira bermasalah atau tidak, pertama-tama kita mesti jujur mengakui perasaan saat ini
Saat kita teruus ngelak ttg perasaan sakit/kecewa/ketidak nyamanan saat ini yaaaa selamaaat sampai botak sariawan masalah itu gak akan bisa dideteksi dan kita akan hidup dengan topeng baik-baik saja tapiiii setebel apapun topeng itu pasti suatu saat akan meledak juga..


Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar