Sabtu, 09 April 2016

Siap Nikah Muda?



Dari jaman dulu sampai sekarang nikah muda bukan hal yang aneh lagi karena banyak remaja berumur belasan tahun banyak yang udah menikah. Dan bulan ini usia gue genap 23 tahun. Masih bisa dibilang muda lah ya hahaha, dan kalau di tanya  udah siap nikah atau belum ?? jawabannya “YES I’M READY” hahahaha

Tapi ada hal yang perlu dicermati & dipahami sebelum memutuskan untuk menikah yaitu “niatnya”. Buat yang udah niat nikah muda coba cek ricek dulu niatnya tuh apasih?? Hanya sebuah kebutuhan kah?? Hanya nafsu kah?? Atau jangan-jangan hanya sekedar pelarian semata ??
Naaahh kalau niat nikahnya belum bener,belum lurus berarti itu harus dibenerin dulu.. kenapaaa???? Karena niat itu menentukan hasil, kalau niatnya udah gak bener waahhh bahaya mengintai cyiinn. Pokoknya jangan sampai niat nikah muda kita berujung bencana, kan sekarang banyak tuh nikah baru seumuran jagung udah pisah dengan alasan gak cocoklah, udah gak sejelan lah, dan masih banyak lagi alasan yang lain.

Oya tulisan ini dibuat enggak bermaksud menyudutkan atau menjatuhkan siapapun. Ini hanya buah pemikiran seorang dari keluarga yang broken home dan tulisan ini pun dibuat dari kacamata seorang anak yang tidak pernah melihat keharmonisan dalam sebuah keluarga sampai akhirnya berakhir pada sebuah perpisahan.
Sebagai seorang anak yang melihat, dan menjadi saksi dari sebuah hubungan dalam keluarga yang sudah puluhan tahun terjalin dengan segala macem jenis konflik sampai akhirnya terjadi sebuah perpisahan jelas itu bukan seuatu hal yang mudah untuk diterima. Dan hal pertama yang akan ditanyakan dan dibahas adalah “penyebab” perpisahan itu.
Kalau yang jadi masalah adalah pertengkaran yang sering terjadi tohh selama ini bisa kok terlewati tanpa harus berpisah, kalau masalahnya ada dalam hal ekonomi  kan rejeki udah diatur sama Allah apa harus bener-bener pisah?? yaa begitulah kira-kira yang terlintas dalam benak seorang anak yang belum mampu memahami lebih jauh tentang sebuah hubungan.
Setelah riuh diperdebatkan akhirnya mulai terungkap bahwa penyebabnya karena beberapa faktor diantaranya adalah : 
  1. Sudah merasa tidak cocok
  2. Merasa lelah dengan keadaan dalam keluarga
  3. Ingin merasakan hidup yang tenang
  4. Satu pihak sudah merasa engga sanggup untuk terus lanjut.
Saat mendapat jawaban seperti itu, sebagai seorang anak gue hanya mampu mengucap “iyaa” lalu apakah gue sudah mulai mengerti dengan situasi yang sebenernya ?? untuk saat itu jujur gue belum mengerti apalagi paham tapi gue coba buat menerima keputusan itu tanpa ada protes sedikitpun.
Walaupun saat itu gue belum mengerti dan belum paham tapi semua itu engga bisa membuat waktu berhenti berputar untuk nunggu sampai gue mengerti. Kenyataannya lIVE MUST GO ON . Dan gue sadar akan hal itu. Makanya gue coba belajar mengerti hal-hal yang mungkin belum saatnya gue mengerti saat itu, dan semua itu berimbas cukup menyakitkan dalam hidup gue karena gue harus merasakan hal yang sama dengan yang dirasakan nyokap. Ngerasa gak cocok sama bokap karena selalu ribut karena hal-hal kecil, dan itu membuat gue capek + gak betah ada dirumah.

Dan setelah ngerasain hal yang sama dengan nyokap apa itu berarti membuat gue berpikir hal yang sama dengan nyokap yaitu pergi dari rumah ?? oohhhhh jawabannya jelas iya hahahaa. Kalau nyokap gue ngelakuinnya dengan cara langsung pergi lain halnya dengan gue. Gue masih coba memperhalus cara gue yaitu dengan ngelamar kerja yang jauh dari rumah biar bisa ngekost.. lebih halus kan caranya ?? dan intinya sama kan?? Sama-sama pengen lari dari masalah untuk ngerasain hidup tenang hahaha
Tapi Allah berkehendak lain, dari semua lamaran yang gue apply engga ada satupun yang keterima malah gue selalu dapet tempat kerja yang jaraknya deket dari rumah yang cuma memakan waktu lebih kurang 30menit.
Hhmmm okeh berarti plan A gue gagal sampai akhirnya kepikir plan B yaitu NIKAH MUDA hahaha.. Dan sekitar 2 tahun yang lalu ada cowok yang coba deketin gue karena dia tau gue gak mau pacaran diapun mengutarakan perasaannya dengan bilang bahwa ini bukan hubungan yang bercanda intinya dia mau serius sampe nikah... waaahhhh gilaaa saat denger dia ngomong kaya gitu gue malah ngeblank tiba-tiba gue kebayang-bayang bokap sama adek gue, terlebih saat gue inget omongan bokap yang kurang lebih gini kata-katanya
 “kamu boleh deket sama cowok manapun tapi inget pesen bapak, jangan pernah kamu bilang IYA sama cowok sebelum kamu kenalin ke bapak”
 dengan inget kata-kata itu membuat gue yakin buat bilang “maaf gue belum siap nikah masih ada yang mau gue lakuin buat keluarga gue” cowok itupun bisa menerima dan kita tetep temenan biasa sampai akhirnya kita lost kontak dan belum lama ini gue tahu kabarnya ternyata dia udah punya anak hihihihihi

Manusia memang boleh berencana apapun untuk hidup nya tapi tetap Allah yang menentukan, aslii itu gue ngerasain banget. Setelah semua rencana gue gagal total gue berpikir kayanya gue emang gak bisa ni kabur gitu aja, gue mesti selesain masalah yang ibarat benang itu udah kusut parah yang engga tau dimana ujung benangnya saking kusutnya.
Perlahan gue coba buat belajar tentang diri gue dulu, karena mau gimanapun kita gak akan bisa mengerti orang kalau engga tahu tentang diri sendiri setelah itu gue mulai coba ubah respon gue ke bokap. Gue pelajarin karakter bokap sedikit demi sedikit, gue mulai buat buang ego gue saat ngadepin bokap daannnn ajaiibbb hubungan gue sama bokap semakin membaik bahkan bokap gak segan buat cerita masalah pribadinya ke gue jadi kita udah bisa saling tuker cerita tanpa harus diakhiri dengan cekcok mulut..
Akhirnya gue semakin menyadari bahwa gue punya sosok bokap yang amat sangat luar biasa cuma memang rada ngeselin hahaha
Bener kata pepatah “pasti ada hikmah dibalik setiap kejadian” gue gak pernah nyalahin nyokap yang udah pergi dari rumah karena gue tahu persis apa rasanya dan penyebabnya. Gue pun enggak berpikiran bahwa bokap itu penyebab hancurnya keluarga gue. Gue yakin semua udah ada jalannya masing-masing dan gue pun belajar banyak dari masalah- masalah yang datang selama ini.

Menurut gue yang sering menjadi penyebab dari hancurnya sebuah keluarga bukan karena udah gak cocok tapi ada hal yang lebih mendalam dari itu yaitu “kurangnya  rasa saling dalam sebuah hubungan” terlebih kalau kurang memahami satu sama lain dan memahami orang lain bukanlah hal yang mudah mungkin memerlukan waktu seumur hidup untuk belajar saling memahami. Kenapa seumur hidup?? Karena manusia bukan batu yang engga punya berperasaan,  manusia merupakan mahluk yang berperasaan , berakal dan bisa berubah seiring berjalannya waktu.

Dan menurut gue syarat untuk menikah gak harus nunggu cukup materi atau menunggu umur sekian atau sekian karena menikah muda atau tua sama aja yang paling penting adalah kesiapan kita dalam membangun sebuah keluarga dan jangan lupa niat menikah pun jadi hal yang penting.
Apakah keinginan nikah gue kali ini adalah sebuah pelarian lagi?? Jelas enggaak. Karena gue sadar niat awal nikah gue bisa jadi penentu kebahagian penikahan gue kelak dan kebahagian keluarga besar gue (orang tua & adek-adek gue).. makanya  gue coba sebaik mungkin  mempersiapkan diri untuk nikah
Sekian terima kasih~

1 komentar: